PENDEKATAN LEAN HOSPITAL UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RSUD TOBELO LEAN HOSPITAL APPROACH IN IMPROVING SERVICE EFFICIENCY IN AMBULATORY PATIENT PHARMACEUTICAL INSTALLATION IN RSUD TOBELO

Main Article Content

Sisca Latue
Jason Merari Peranginangin
Tri Wijayanti

Abstract

Pendekatan lean adalah metode pendekatan sistemik yang digunakan untuk menghilangkan
atau meminimalkan waste yang terjadi dalam pelayanan dan meningkatkan efesiensi
pelayanan di suatu instalasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi waste dan akar
penyebab waste yang terjadi pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IFRJ) RSUD Tobelo. Metode
penelitian ini adalah penelitian non-esperimental dengan pendekatan kualitatif secara
deskriptif eksploratif melalui kuesioner, observasi dan wawancara mendalam pada responden.
Prosedur penelitian yaitu observasi alur proses pelayanan yang dibuat dalam bentuk value
stream mapping, penyebaran kuisioner value pasien dan waste, melakukan wawancara dengan
metode 5 why untuk mengetahui akar penyebab dan waste kritis, serta usulan terhadap
pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa waste kritis berupa waste waiting
yang diperoleh nilai sebesar 25%. Akar penyebab dari waste waiting adalah kekurangan
sumber daya manusia, serta pembagian kerja bagi tenaga kefarmasian belum maksimal,
sehingga menyebabkan penumpukan resep obat. Usulan perbaikan waste waiting adalah
penambahan sumber daya manusia serta penerapan SOP dalam pelayanan, selain itu juga
menambah unit computer dan printer.


Kata kunci : Lean hospital, Instalasi Farmasi, RSUD Tobelo, Waste kritis, perbaikan
pelayanan

Article Details

Section
Articles